Hidup di era digital seperti saat ini menuntut setiap orang untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan secara cepat. Sosial media telah menjadi warna penting di tengah masyarkat. Misalnya, dalam mencari pekerjaan, semua publikasi informasi dilakukan secara online. Sekarang tidak perlu lelah-lelah mengunjungi job fair untuk mengetahui informasi lowongan kerja. Cukup dengan aplikasi tertentu, informasi tentang lowongan dapat muncul di layar secara bergantian. Dengan demikian agar dapat bersaing secara maksimal, setiap individu termasuk penyandang disabilitas dituntut untuk beradaptasi dengan beragam inovasi yang dimunculkan. Penyadang disabilitas juga perlu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini agar dapat bersaing.

/

Tidak sedikit yang mendapat pekerjaan yang cocok dengan memanfaatkan jaringan digital yang dimiliki. Pertemanan atau hubungan di dunia maya ternyata sangat menguntungkan karena seringkali lowongan pekerjaan tidak dipublikasikan di seluruh media sehingga orang-orang yang memiliki jangkauan informasi yang luas adalah mereka yang beruntung. Dengan demikian, membangun citra di social media juga menjadi hal yang penting. Meskipun banyak kasus yang mengungkap ketidaksesuaian antara informasi di dunia maya dan dunia nyata, profil seseorang di dunia maya masih seringkali mememberikan kesan luar biasa untuk saat pertama. Tidak sedikit perusahaan yang mengobservasi akun dunia maya seorang kandidat untuk memastikan apakah mereka terlihat baik di dunia maya.

Bahkan untuk pekerjaan di bidang tertentu profil di dunia maya menjadi perhatian yang sangat penting. Dengan kata lain, para penyandang disabilitas seharusnya juga dapat berupaya untuk mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan berbagai cara agar dapat bersaing dengan lainnya.

Beberapa inovasi dalam mengatasi permasalahan keterbatasan penyandang disabilitas untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini telah menjadi solusi yang sangat dibutuhkan sehingga pengembangan tersebut dapat dinikmati oleh semua orang dengan beragam latar belakang. Dalam hal ini, beberapa pihak berupaya memandang permasalahan ini secara serius demi terwujudnya akses teknologi yang lebih inklusif. Sehingga, setiap individu memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam menggunakan inovasi-inovasi teknologi yang dikembangkan saat ini.