Melamar pekerjaan untuk beberapa orang, terutama para penyandang disabilitas memang bukan hal yang mudah https://www.kompasiana.com/mawan.sidarta/5bf80fd9677ffb17915bdc34/penyandang-disabilitas-bisa-menjadi-aset-berharga-bagi-perusahaan?page=all. Mereka harus menyiapkan berbagai hal mulai dari akses menuju perusahaan tersebut hingga berbagai persiapan dokumen penting lainnya. Tak heran, jika banyak para penyandang disabilitas yang menyiapkan berbagai hal tersebut sejak lama. Saat ini, memang sudah ada banyak perusahaan yang menerima para penyandang disabilitas, namun bagi mereka, ini tetap menjadi hal yang menantang.

Di bawah ini, ada beberapa trik yang tepat bagi para penyandang disabilitas untuk bisa menghadapi wawancara kerja dari sebuah perusahaan. Beberapa trik yang dimaksud di sini adalah

– Selidiki aksesibilitas lokasi
Pada poin ini, memang tergantung pada keterbatasan yang anda miliki. Namun yang terpenting adalah Anda harus bisa memastikan bahwa Anda bisa masuk ke ruang wawancara. Apakah mereka memiliki tempat atau ruter yang akan menghalangi kursi roda? Seberapa jauh ruang wawancara dari tempat parkir? Apakah ada kamar mandi yang dapat diakses? Sebenarnya, pihak perusahaan harus memberi tahu mengenai hal tersebut sebelumnya. Tetapi jika tidak, pastikan Anda bertanya. Juga ingat bahwa Anda harus diwawancarai dalam kondisi yang sama persis dengan kandidat yang mampu secara fisik jika perusahaan tersebut ingin mematuhi undang-undang kesetaraan.

– Ingatlah untuk mengajukan pertanyaan yang bagus
Pertanyaan menunjukkan minat pada posisi yang Anda lamar. Selalu sertakan pertanyaan yang menunjukkan Anda telah meneliti organisasi mereka seperti ‘Ketika perusahaan Anda merilis lini produk baru bulan lalu, apakah ini merencanakan ekspansi ke wilayah baru?’ Tiga pertanyaan adalah jumlah yang tepat jika anda ingin menanyakan sesuatu ke perusahaan tersebut. Pastikan tiga pertanyaan tersebut mampu membuat pihak perusahaan terkesan.

– Diskusikan keterbatasan Anda
Anda tidak diharuskan menjawab apa pun tentang keterbatasan Anda yang membuat Anda merasa tidak nyaman, tetapi menjawab pertanyaan yang tepat dapat membantu pemberi kerja untuk melakukan penyesuaian terhadap anda. Jika Anda memiliki keterbatasan yang tidak terlihat ada baiknya untuk mengemukakan hal ini pada tahap wawancara tersebut.